Featured Posts

Allah Adalah Benar

April 11, 2018

 

KAMIS

Hari Biasa Pekan II Paskah

Bacaan Pertama : Kis. 5:27-33

Bacaan Injil : Yoh. 3:31-36.

 

Yohanes pembaptis memberi sebuah gambaran yang amat sempurna mengenai  siapa itu Yesus. Gambaran itu terkesan cukup sulit dipahami, apalagi kata-kata yang ditampilkan oleh Penginjil terkesan agak bombastis dan sangat mengawan. Orang-orang akan sangat sulit mengalami sebuah pengertian yang mencapai kesempurnaan, apalagi berhadapan dengan kenyataan ini. Tetapi hal yang mendasar dari Injil hari ini adalah Allah yang diwartakan oleh Yohanes pembaptis adalah Allah yang  benar. Allah adalah benar merupakan sebuah ungkapan yang kedengaran aneh dan butuh analisi yang cukup mendalam.  Allah adalah benar bukan merupakan definisi dari kata benar melainkan kesatuan dari sifat Allah yang adalah kebenaran dan benar adanya. Yohanes Pembaptis sebenarnya sedang  memberi konsep Allah yang cukup sulit kepada para pengikutnya agar mereka  mampu memahami  Allah yang lebih real dalam pengalaman hidup mereka.

Allah adalah benar, sebuah ungkapan yang sulit dipahami tetapi mesti dihayati dengan iman. Allah sungguh-sungguh benar. ‘Benar’ di sini mengandung dua makna yakni: Allah itu benar-benar ada dan Dia sungguh menjadi sumber dari yang benar. Di tengah pergolakan zaman yang dipenuhi dengan berbagai macam kenikmatan hidup, kita dihadapkan kepada pertanyaan: “Apakah kita masih mengimani Allah kita sebagai Allah yang benar atau kita terjebak dalam kesaksian yang terkadang palsu yang ditawarkan oleh dunia tentang Allah yang tidak lagi benar.” Selain itu, kita dihadapkan pada tantangan: Tuhan tidak lagi menjadi sumber kebenaran utama. Orang-orang lebih suka mencari kebenaran instan yang diperoleh  dari berbagai macam media. Mereka  lebih cepat mendapatkan kebenaran melalui tuhan-tuhan yang ada di media sosial daripada mencari Tuhan yang sesungguhnya, yakni Tuhan yang menjadi sumber inspirasi, kekuatan, keberhasilan dan kebahagiaan. Menjadi suatu pertanyaan penting bagi kita adalah”: “Apakah kita masih mengimani Allah kita sebagai Allah yang Benar?”

 

DOA

Allah Tritunggal Mahakudus, kuatkanlah kami untuk selalu mengimani-Mu sebagai Allah yang benar dan mengandalkan-Mu dalam mengatasi persoalan hidup kami. Amin.

 
 

Please reload

Pewarta yang Setia

April 26, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts

April 26, 2019

Please reload

Archive