Featured Posts

KASIH DAN FIRMAN TUHAN NYATA DALAM BERBAGI KEPADA SESAMA

April 29, 2018

 

SENIN

Hari Biasa Pekan V Paskah

Bacaan Pertama : Kis. 14:5-18

Bacaan Injil : Yoh. 14:21-26

 

Di dalam kehidupan bersama, sering kita jumpai orang-orang yang rajin berdoa dan rajin mengikuti perayaan Ekaristi pada hari Minggu. Tetapi tak dapat dipungkiri bahwa, ada juga yang sebaliknya malas berdoa dan malas menghadiri perayaan Ekaristi pada hari Minggu . Pertanyaannya, apakah sudah cukup hanya dengan rajin berdoa dan rajin mengikuti perayaan Ekaristi, seseorang sungguh mengasihi Tuhan?

 

Yesus melalui bacaan Injil hari ini mau mengatakan kepada kita bahwa kasih dan firman-Nya merupakan satu kesatuan. Itulah yang ditekankan-Nya melalui sabda-Nya. “jika seseorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku” (Yoh.14:23). Tanda bahwa seseorang mengasihi Tuhan tampak dalam ketaatan pada firman-Nya. Kasih kepada Tuhan tidak hanya nampak dalam doa yang dilakukan dengan penuh kesungguhan serta frekuensi kehadiran dalam perayaan Ekaristi, tetapi lebih pada kepatuhan menepati perintah-perintah-Nya dengan penuh ketekunan. Firman Tuhan tidak cukup untuk didengarkan, tetapi harus pula dilaksanakan.

 

Kenyataan bahwa kita akan melaksanakan firman Tuhan dimulai dari mendengarkan dan mengenal perintah-Nya. Sabda-Nya yang kita dengar, diharapkan agar dapat dilaksanakan dalam hidup kita setiap hari. Maka jelas bahwa tidak cukup kalau kita hanya rajin berdoa dan pergi ke gereja; sementara dalam kehidupan bersama, kita tidak melaksanakan Sabda-Nya. Dengan kata lain, kasih kepada Allah menjadi nyata dalam tindakan kasih kepada sesama. Kita sebagai pengikut Kristus harus bertekun dalam melaksanakan firman-Nya.  Kita harus  percaya bahwa, Yesus sendiri akan selalu membimbing dan menyertai kita dalam membagi kasih kepada sesama. Kasih Tuhan dan firman-Nya yang sudah terima dan percaya itu hanya menjadi nyata apabila kita bersedia untuk berbagi kepada sesama.

 

DOA

Allah Tritunggal Mahakudus, pujian dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu atas anugerah cinta-Mu yang kami terima dalam hidup kami. Kami mohon, bantulah kami untuk dapat membagi cinta kepada sesama lewat sikap dan tindakan kami. Amin.

 

 
 

Please reload

Pewarta yang Setia

April 26, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts

April 26, 2019

Please reload

Archive