top of page

Bersaksi Kepada Dunia



SENIN

Hari Biasa Pekan VI Paskah

Bacaan Pertama : Kis. 16:11-15

Bacaan Injil : Yoh. 15:26-16:4a

Injil hari ini dimulai dengan kisah tentang Yesus melanjutkan pembicaraan-Nya dengan para murid. Dia mengatakan kepada mereka bahwa dia akan mengutus "penghibur" kepada mereka dari Bapa-Nya. Penghibur ini akan menjadi Roh Kebenaran. Yesus juga mengatakan kepada murid-muridn-Nya bahwa "penghibur" itu akan bersaksi tentang Dia. Dan pada gilirannya, para murid juga diajak untuk pergi dan bersaksi kepada orang lain dan kepada dunia.


Ketika mendengar Yesus yang mengatakan bahwa mereka akan mengubah dunia dengan kesaksian mereka, apa yang para murid pikirkan? Apakah mereka berpikir bahwa hal itu akan menjadi pekerjaan yang agung dan mulia? Apakah dengan bersaksi tentang Yesus mereka akan menjadi terkenal? Yesus memperingatkan para murid bahwa mereka akan dianiaya karena kesaksian mereka. Mereka juga akan diusir dari sinagoga dan bahkan mungkin dihukum mati.

Seberapa besar komitmen kita kepada Yesus? Kemungkinan besar kita tidak akan digantung di kayu salib. Namun, jika kita memilih untuk mengikuti jejak Yesus, kita juga mungkin harus berurusan dengan kritik, penilaian atau bahkan mungkin penganiayaan terhadap satu atau lain hal.


Para murid diperintahkan Yesus untuk bersaksi tentang diri-Nya. Suruhan Yesus kepada para murid, juga menjadi suruhan bagi kita semua sebagai pengikut-Nya. Jika kita sudah memilih untuk menjadi pengikut-Nya maka kita juga harus berkomitmen untuk melakukan kehendak-Nya. Yesus tidak mengajak kita untuk bersaksi kepada dunia dengan cara mengajar di pasar-pasar atau di tempat-tempat keramaian, tetapi kita bersaksi melalui sikap hidup, tindakan dan tutur kata kita setiap hari.


DOA

Allah Tritunggal Mahakudus, mampukanlah kami untuk menjadi saksi-saksi-Mu yang setia di tengah dunia dewasa ini. Amin.





7 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page