Featured Posts

Kasih Allah

JUMAT

Pekan Biasa IX

HARI RAYA HATI YESUS YANG MAHAKUDUS Bacaan Pertama : Hos. 11:1,3-4,8c-9

Bacaan Kedua : Ef. 3:8-12,14-19

Bacaan Injil : Yoh. 19:31-37

 

Hari ini Gereja sejagat merayakan Hari Raya Hati Yesus Yang Maha Kudus. Bacaan suci hari ini secara terang menggambarkan betapa Allah memiliki hati yang sungguh mulia. Ketika Israel membelot dari hadirat Allah dengan menyembah ilah-ilah lain, Allah murkah. Namun, kemurkahan-Nya tidak membuat Ia meninggalkan Israel, Ia tetap menyertai Israel. Dalam situasi awal jemaat Kristen di mana terjadi perseteruan dan kesalahpahaman, Rasul Paulus menulis kepada jamat di Efesus perihal semangatnya untuk menyadarkan jemaat Kristen bahwa Yesus Kristus yang telah bangkit menghendaki persatuan dan damai bukan sebaliknya. Dalam Injil, Yohanes menunjukan satu narasi kasih ketika Yesus ditikam lambungnya.

 

Sebagai orang beriman, kita yakin dan percaya bahwa Allah yang kita Imani adalah Allah yang penuh kasih. Bahkan karena kasih Allah yang luar biasa, Ia rela menganugerahkan anak-Nya yang tunggal sebagai silih dosa kita. Kasih Allah ini tentunya bersumber pada hati Allah yang sungguh mulia.

 

Harus kita akui bahwa terkadang hati kita jauh dari harapan Yesus. Hati kita terkadang kaku bahkan mati rasa ketika berhadapan dengan realitas hidup bersama. Hati kita gampang terombang-ambing karena tawaran yang menggiurkan walau kita tahu bahwa hal itu tidak benar. Berhadapan dengan kemiskinan, terkadang kita hanya berada pada taraf simpati, kasihan, tanpa satu usaha untuk membebaskan orang dari kemiskinan. Ketidakadilan, tipu daya, korupsi, pencitraan, politik uang, manipulasi dan masih banyak tindakan kita yang melawan bisikkan hati nurani kita.

 

Cinta Allah mendorong kita untuk menunjukkan di mana letak kebenaran dan keadilan itu. Seperti halnya Efraim, semoga kita sadar akan keberadaan kita yang mungkin jauh dari harapan Allah dengan memohon bantuan Yesus agar kita juga diterangi untuk memahami betapa Allah sungguh mencintai kita.

 

DOA

Allah Tritunggal Mahakudus, semoga hati Yesus tinggal di dalam hati kami dan di dalam hati semua orang. Amin.

 
 

Please reload

Pewarta yang Setia

April 26, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts

April 26, 2019

Please reload

Archive