Featured Posts

Belajar pada Iman Barnabas

June 10, 2018

SENIN

Peringatan Wajib St. Barnabas, Rasul.

Bacaan Pertama    : Kis. 11:21b-26; 13:1-3
Bacaan Injil    : Mat. 10:7-13
 

Bacaan-bacaan suci hari ini mengisahkan kepada makna suatu perutusan demi kerajaan Allah. Penginjil Matius dengan jelas memberitakan kepada kita bagaimana Yesus mengutus kedua belas murid-Nya. Pesan yang diberikan Yesus merupakan suatu pesan yang sangat bersahabat dan penuh dengan damai. Mereka diutus untuk memberitakan bahwa kerajaan Allah sudah dekat; beberapa peristiwa akan menyertai pemberitaan mereka ini yaitu menyembuhkan orang sakit dan pengusiran roh jahat. Beberapa larangan menunjukkan kepada kita bahwa damai dan sejahtera yang adalah hal utama di dalam kerajaan surga tidak dapat diukur dengan harta kekayaan; yang dibutuhkan adalah hati yang terbuka dan belaskasihan tak bersyarat. Sedangkan dalam Kisah Para Rasul, digambarkan salah satu rasul yang sungguh mengamalkan apa yang dipesan oleh Yesus. Dia adalah Rasul Barnabas yang hari ini diperingati oleh seluruh Gereja.

 

Barnabas menurut Kisah Para Rasul dilukiskan sebagai seorang yang baik, beriman teguh dan penuh dengan Roh Kudus. Karena itu, saat jemaat mulai berdoa dan meminta petunjuk dari Tuhan, mereka diminta untuk mengkhususkan Barnabas dan Saulus untuk satu tugas yang istimewa.

 

Jika kita mendengarkan secara baik kedua bacaan ini, seolah-olah kita sedang mendengarkan penjelasan Yesus mengenai perutusan murid-murid-Nya dengan satu contoh yang luar biasa dalam diri Rasul Barnabas. Yesus tidak memberikan satu syarat tertentu untuk mereka yang mau mengikuti Dia. Yang dibutuhkan Yesus adalah kerelaan dan ketebukaan hati. Barnabas dikenal sebagai salah seorang Rasul yang tidak menonjol dalam pengetahuan dan kebajikan. Namun dia dikenal kerena kepribadiannya yang sungguh menenteramkan jemaat. Ketika dia berkunjung ke Anthiokia, jemaat di sana menyambutnya dengan penuh kegembiraan. Hal ini hanya bisa terjadi jika seseorang sungguh dikenal dengan baik. Semua keutamaan itu didapat oleh Barnabas berdasarkan imannya. Iman Barnabas digambarkan teguh pada Yesus Kristus dan tercermin dalam perilaku hidupnya. Semoga kita hari ini juga mengamalkan iman kita dengan berbuatan baik kepada siapa saja.

 

DOA

Allah Tritunggal Mahakudus, kami mohon semoga dengan perantaraan doa St. Barnabas, kami semakin teguh dalam iman dan siap mengamalkan iman itu dalam perbuatan kasih kepada sesama. Amin.

 
 

Please reload

Pewarta yang Setia

April 26, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts

April 26, 2019

Please reload

Archive