Featured Posts

Berani Turun Gunung

August 5, 2018

SENIN

Pekan Biasa XVIII

Pesta Yesus Menampakkan Kemuliaan-Nya

Bacaan Pertama : Dan. 7:910,13-14

Bacaan Kedua : 2Ptr. 1:16-19

Bacaan Injil : Mrk. 9:2-10

 

Peristiwa Yesus menampakkan kemulian-Nya merupakan deklarasi, pemakluman Allah bahwa Yesus sungguh adalah Anak Allah, Tuhan dan penyelamat dunia. Peristiwa ini juga merupakan suatu peneguhan atas pergumulan dan doa Kristus yang akan menempuh jalan salib (Lukas 22:42-44). Kristus selalu mendahulukan kehendak Bapa-Nya. Cahaya kemuliaan yang memancar dari wajah Yesus itu memberikan pengajaran kepada para murid, bahwa di balik peristiwa menyedihkan yang akan dialami oleh Yesus yakni penyaliban, akan membawa pada kemenangan, kemuliaan; bahwa di balik hinaan dan caci maki akan ada kemulian yang menguatkan para murid. Ketika murid-murid melihat kemuliaan Yesus, mereka langsung merespon dengan mengatakan ‘..betapa bahagianya kami berada di tempat ini”. Namun, Allah menghendaki supaya kita taat seperti Kristus “..dengarkanlah Dia..”. Dan untuk itu mereka harus turun gunung melayani sebagai hamba yang mengabdi dan berkorban.

Ajakan Yesus untuk turun gunung merupakan pelajaran yang penting bagi para murid. Ternyata para murid butuh waktu untuk dapat memahami misteri keselamatan. Mereka harus melewati periode terguncang sebelum akhirnya dengan penuh keberaniaan memberi kesaksian iman. Ada kebahagian, pasti ada penderitaan. Kebahagian hanya akan menjadi berarti bila dicapai melalui penderitaan, melalui usaha yang keras, melalui darah dan air mata.Bukankah kadangkala sikap kita sama seperti Petrus dan teman-temannya yang hanya senang berada di atas gunung, takjub menikmati berkat dan kemuliaan dari Tuhan? Kita enggan turun gunung melayani sebagai hamba. Saksi kemulian Kristus haruslah turun gunung taat seperti Kristus melayani sebagai hamba. Yesus mengajak kita untuk turun dari gunung dan mengikuti dia dengan berani untuk keluar dari kenyamanan hidup kita menuju kemulian Golgota.

 

DOA

Allah Tritunggal Mahakudus, bantulah kami untuk selalu setia kepada-Mu dan berani untuk bersaksi tentang Dikau penyelamat kami. Amin.

 

 
 

Please reload

Pewarta yang Setia

April 26, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts

April 26, 2019

Please reload

Archive