Featured Posts

Setia dan Percaya Kepada Yesus

August 11, 2018

SABTU

Pekan Biasa XVIII

Peringatan Wajib St. Klara, Perawan Bacaan Pertama : Hab. 1:12 – 2:4

Bacaan Injil : Mat. 17:14-20

 

Dalam bacaan Injil hari ini, Penginjil Matius mengisahkan tentang kekecewaan Yesus terhadap para murid-Nya yang tidak mampu untuk menyembuhkan seorang anak yang menderita penyakit ayan. Yesus mengungkapkan kekecewaan-Nya dengan menegur para murid-Nya yang masih kurang percaya. Kepada para murid-Nya, Yesus mengingatkan mereka untuk memiliki iman dan kepercayaan yang teguh kepada-Nya. Ia berkata: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.” Murid-murid kurang percaya karena mereka sendiri merasa ragu-ragu akan kuasa yang telah diberikan oleh Yesus kepada mereka.

Kegagalan iman para murid ini mengisyaratkan bahwa apa yang mereka lakukan masih bersandar pada kekuatan sendiri dan belum mengandalkan kekuatan Allah yang ada dalam diri mereka. Iman masih dilihat sebagai sebuah hiasan dan belum dilihat sebagai sebuah kekuatan jiwa. Yesus sekali menampilkan biji sesawi untuk menunjukkan kekuatan dari iman itu. Bukan karena kekuatan fisik untuk mengalahkan hal-hal yang besar tetapi dengan kekuatan iman, hal-hal yang mustahil untuk dilakukan pasti bisa teratasi. Iman itu hanya dapat bertumbuh kalau kita sungguh-sungguh setia dan percaya pada Sabda Allah.

Perkataan Yesus ini juga berlaku bagi kita yang belum sepenuhnya setia kepada-Nya. Banyak kali kita berjanji untuk setia mengikuti-Nya, percaya kepada semua penyelenggaraan-Nya tetapi kenyataan tidaklah demikian. Kita masih begitu jauh dari-Nya. Kita mengakui diri kita sebagai orang Katolik, tetapi hidup kita jauh dari hidup Kristus sendiri. Kita lupa bahwa Tuhan setia dalam kasih-Nya kepada kita. Andaikan kita memiliki iman dan kesetiaan yang besar maka mukjizat selalu dan akan selalu menjadi nyata.

 

DOA

Allah Tritunggal Mahakudus, kuatkanlah iman kami kepada-Mu, kepada Yesus dan kepada tuntunan Roh Kudus. Bukalah hati dan pikiran kami agar kami menjadi peka dan merasakan kuasaMu setiap hari. Amin. 

 

 
 

Please reload

Pewarta yang Setia

April 26, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts

April 26, 2019

Please reload

Archive