Featured Posts

Anugerah Tuhan Melalui Talenta

August 31, 2018

SABTU

Pekan Biasa XXII

Bacaan Pertama : 1Kor. 1:26-31

Bacaan Injil : Mat. 25:14-30 

 

Matius, dalam Injilnya hari ini mengisahkan suatu perumpamaan yang menarik yakni tentang talenta. Dalam deskripsi tentang Kerajaan Surga, Yesus mengumpamakannya dengan seorang hamba yang akan ke luar negeri dan mempercayakan talenta-talenta kepada tiga hambanya. Masing-masing mendapat lima, dua, dan satu talenta menurut kemampuan. Seiring berjalannya waktu, dua hamba yang mendapat lima dan dua talenta, mengembangkannya secara baik, sedangkan, hamba yang lainnya justru mengubur talenta tersebut. Tuan hamba memuji apa yang dilakukan dua hamba pertama tadi. Ia menyesali perbuatan hamba terakhir yang mengubur talenta yang telah diberikan.

          Tuhan menganugerahkan setiap manusia, bakat dan kemampuan agar dikembangkan. Usaha mengembangkan bakat ingin menunjukkan bahwa seorang manusia memberikan respek positif pada anugerah ini. Sikap dua hamba yang menerima lima dan dua talenta menjadi suatu teladan agar kita selalu berusaha untuk berkembang.

          Sikap hamba yang menerima satu talenta menjadi pelajaran agar kita memanfaatkan anugerah Tuhan sekalipun yang diberikan itu sangat kecil nilainya. Mengubur talenta yang  diberikan bisa berarti bahwa seseorang tidak mau berkembang dan tetap berada pada situasi yang ada. Penting bagi kita untuk membuka diri bagi sesama agar dengan bantuan yang lain, kita bisa secara bersama mengembangkan talenta yang kecil tadi. Bisa saja melalui talenta yang kecil tadi, Tuhan ingin menguji kesetiaan kita dalam hal-hal yang sederhana dan membantu kita untuk memfokuskan diri secara baik pada satu bakat yang  dimiliki.

 

DOA

Allah Tritunggal Mahakudus, kami mengucap syukur karena Engkau telah memberikan talenta yang beragam. Bantulah kami agar sanggup membuka diri dan membiarkan rahmat-Mu berkarya dalam diri kami agar sanggup mengembangkan diri secara baik sesuai dengan kehendak-Mu. Amin

 

 

 
 

Please reload

Pewarta yang Setia

April 26, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts

April 26, 2019

Please reload

Archive