top of page

Belajar Dari Maria


SABTU

Pekan Biasa XXII

Pesta Kelahiran SP Maria

Bacaan Pertama : Mi. 5:1-4a atau Rm. 8:28-30

Bacaan Injil : Mat. 1:1-16,18-23 (Mat. 1:18-23)


Hari ini kita merayakan pesta kelahiran St. Perawan Maria. Peran Maria dalam karya penyelamatan dunia sangat penting. Dia berani memberikan diri-Nya kepada Allah sehingga karya Allah dapat terlaksana. Maria tidak peduli dengan aib yang akan Dia terima. Bagaimana mungkin dia harus mengandung tanpa ada hubungan dengan seorang laki-laki? Maria harus berhadapan dengan adat-istiadat Yahudi dan pastinya Dia akan menerima hukuman di depan umum bahwa Dia seorang sundal karena mengandung tanpa ada ikatan pernikahan. Namun, Tuhan memiliki rencana yang luar biasa. Dia tidak akan mengecewakan Maria, hamba-Nya.

Maria menunjukan sebuah sikap yang sangat luar biasa kepada kita. Sebagai Gadis dusun yang sederhana, Dia telah memberikan sebuah keterbukaan hati yang luar biasa kepada kehendak Allah. Dengan tulus, Ia berani menghadapi situasi sulit yang mungkin akan Ia terima. Namun, Maria yakin bahwa Allah senantiasa memberikan yang terbaik bagi Dia. Allah tidak mengecewakan orang yang dipilih-Nya. Mari kita belajar dari Maria, belajar untuk mau menerima tugas yang diberikan kepada kita. Tentu saja tugas itu memberikan dampak kebahagiaan bagi orang lain, bukan menghancurkan kehidupan orang lain. Tuhan tidak akan mengecewakhkan orang yang telah dipilih-Nya dan juga Dia tidak akan membiarkan kita berkelana sendirian. Seperti yang yang diyakini Maria dalam Madahnya: “Dia memperhatikan kerendahan hamba-Nya”, menjadi kekuatan bagi kita dalam menjalani setiap tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada kita. Menjadi pertanyaan bagi kita, apakah selama ini kita setia melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada kita dengan sepenuh hati atau dengan terpaksa, serta sering menuntut upah yang berlebihan dan sering bersungut-sungut?


DOA

Allah Tritunggal Mahakudus, Perawan Maria setia menjalani tugas yang diberikan kepada-Nya. Kiranya Kami juga mampu meneladani Bunda Maria dalam mengemban tugas yang dipercayakan kepada kami. Amin.



12 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page