Featured Posts

BELAS KASIH

October 7, 2018

SENIN

Pekan Biasa XXVII

Bacaan I : Galatia 1: 6 - 12

Bacaan Injil : Lukas 10: 25 – 37

 

Pencinta Sang Sabda yang terkasih, Sabda Tuhan hari ini membawa kita pada permenungan yang mendalam namun praktis. Di dalam pengajaranNya, Yesus meminta ahli Taurat untuk menjadi sesama bagi yang lain dengan memiliki rasa belas kasih.  Orang yang menjadi sesama karena belas kasih selalu melakukan rencana dan kehendak Tuhan yang memiliki rasa belas kasih kepada umat manusia lewat karya keselamatan yang dijanjikanNya. Yesus sendiri mengingatkan para muridNya untuk saling mengasihi. Bacaan Inijl membantu kita untuk selalu siap sedia menolong orang yang membutuhkan bantuan. Orang Samaria adalah  orang yang secara sosial dibenci oleh orang-orang Yahudi. Namun karena rasa belas kasih yang besar tanpa memandang status, ia pun akhirnya dapat menolong sesama yang menderita. Cinta kasih dan perhatian kepada sesama hendaknya menjadi nyata dalam hidup kita. Cinta kasih harus mencakup semua orang serta mampu meruntuhkan tembok-tembok pemisah.

Pencinta Sang Sabda yang terkasih, Paulus dalam bacaan pertama menawarkan satu jalan yang pasti untuk menjadi sesama bagi orang lain. Jalan yang dimaksudkan adalah percaya kepada Injil. Bagi Paulus, dasar keselamatan Allah tidak terletak pada pelaksanaan Hukum Taurat tetapi pada usaha untuk menerima rahmat Allah melalui Kristus dalam Roh Kudus. Paulus meminta umat Galatia untuk menerima serta percaya kepada Injil. Seruan yang sama kiranya tepat juga untuk kita semua dalam mewartakan dan menghayati Injil. Perasaan tergerak hati oleh belas kasih dapat dilakukan kalau kita juga bersahabat akrab dengan Tuhan di dalam Kitab Suci dan melalui sakramen-sakramen.

Pencinta Sang Sabda yang terkasih, iman akan Kristus menantang kita untuk berani keluar dari kesibukan seputar diri sendiri dan segala ukuran atau batasan diri. Percaya akan Allah adalah sikap berani keluar dari kenyamanan diri, ego yang tinggi supaya kita mampu membawa kabar sukacita kepada sesama. Marilah kita mengikuti jalan Tuhan dengan menjadikan orang lain sebagai sesama yang perlu dibantu dan ditolong.

.

 

DOA

Ya Allah Tritunggal Mahakudus, rangkullah kami dengan kasih-Mu agar kami mampu mewartakan kasihMu kepada sesama kami. Amen

 

 

 
 

Please reload

Pewarta yang Setia

April 26, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts

April 26, 2019

Please reload

Archive