Featured Posts

Pemberian Yang Tulus

November 26, 2018

SENIN

Pekan Biasa XXXIII

Bacaan Pertama : Wahyu 14:1-3, 4b-5

Bacaan Injil : Lukas 21:1-4

 

Pemberian yang tulus, meski sedikit jumlahnya, sungguh mendatangkan kebahagiaan, dan berkah bagi pemberi juga penerima. Sebaliknya, perberian dengan terpaksa akan menjadikan pemberi merasa tertekan, bersungut-bersungut, atau juga mengharapkan imbalan. Selain itu, penerima merasa tidak nyaman dan kurang menghargai pemberian tersebut. Dengan demikian, sedikit pemberian yang dibaluti hati tulus dan ikhlas jauh lebih berharga daripada pemberian dalam jumlah banyak, tetapi tidak tulus.

Perihal pemberian, Injil hari ini melukiskan tentang persembahan seorang janda miskin. Yesus membuat perbandingan antara persembahan janda miskin dan orang kaya. Bagi Yesus, pemberian janda miskin meski cuma dua peser, tetapi jauh lebih berharga daripada pemberian dalam jumlah banyak oleh orang kaya. Janda miskin memberi dari kekurangan, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya, tetapi orang kaya memberi dari kelimpahan. Orang kaya mendahulukan diri sendiri, sedangkan janda miskin lebih mendahulukan Allah dan mementingkan sesama. Bagaimana dengan pengalaman kita? Apakah kita juga seperti orang-orang kaya yang lebih mementingkan diri sendri; ataukah kita seperti janda miskin yang mendahulukan Allah dan sesama? Yesus menegaskan bahwa persembahan kepada Allah atau pemberian kepada sesama jangan dari kelebihan yang kita miliki; karena itu menunjukkan bahwa kita lebih mementingkan dan mendahulukan diri sendiri. Kita baru akan mempersembahkan kepada Allah atau memberi bantuan kepada sesama jika kebutuhan kita sudah terpenuhi. Pemberian seperti ini sama halnya dengan memberikan secara terpaksa. Yesus mengajak kita untuk berbagi dengan tulus dan ikhlas. Pemberian yang tulus mengandaikan kita membantu dengan hati yang bebas tanpa memikirkan untung-rugi dan imbalan yang akan diperoleh. Semoga semangat hidup janda miskin dalam Injil hari ini tetap hadir dalam diri dan hidup kita dewasa ini.

 

DOA

Allah Tritunggal Mahakudus, bantulah kami untuk selalu mencintai Dikau dan mau berbagi dengan sesama yang membutuhkan pertolongan. Amin.

 

 
 

Please reload

Pewarta yang Setia

April 26, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts

April 26, 2019

Please reload

Archive