• Frt. Herry Lengi SVD

Mari Kita Saling Mendoakan


SELASA

Hari Biasa Pekan VII Paskah

Bacaan Pertama : Kis. 20:17-27

Bacaan Injil : Yoh. 17:1-11a


Dalam keseharian hidup kita, ketika kita tidak sempat menghadiri sebuah undangan pesta misalnya karena kesibukan, biasanya orang akan menyampaikan pernyataan ini “biar kami doakan dari jauh”. Entah pernyataan tersebut ditindaklanjuti dalam perbuatan atau tidak, hanya dirinya yang tahu. Akan tetapi dengan mengungkapkan pernyataan tersebut, sesungguhnya ada nilai positif yakni kesadaran untuk mendoakan orang lain. Dan umumnya, orang merasa belum cukup mendoakan dirinya atau keluarganya sendiri, sehingga selalu saja ada ungkapan, tolong doakan kami. Ini pertanda bahwa ada kerinduan dan juga harapan serta keyakinan bahwa dengan didoakan oleh banyak orang, dirinya atau keluarganya mampu menghadapi suka duka dalam kehidupan ini.


Yesus, dalam bacaan Injil hari ini, mendoakan para murid-Nya waktu itu dan juga kita semua para pengikut-Nya dewasa ini. Dalam doa-Nya, Yesus juga menyampaikan kepada Bapa-nya di surga bahwa misi-Nya di dunia telah berhasil. Bukti bahwa misi-Nya telah berhasil adalah umat manusia telah mengenal Bapa yang mengutus-Nya dan juga telah menjalankan Firman yang disampaikan melalui Putra-Nya Yesus. Karena itu, Yesus berdoa memohon kepada Bapa-Nya agar memelihara kita semua para pengikut-Nya di dunia ini supaya menjadi satu, sama seperti diri-Nya dan Bapa-Nya di surga. Yesus berdoa memohon rahmat persatuan untuk kita semua yang masih berziarah di dunia ini.


Tindakan Yesus mendoakan kita semua para pengikut-Nya, menjadi contoh bagi kita supaya kita juga mendoakan orang lain. Kita berdoa bagi yang lain bukan karena diminta tetapi selalu ada intensi untuk mendoakan orang lain terutama rahmat persatuan, kedamain serta kerukunan. Terkadang kita terlalu egois sehingga hanya berdoa untuk kepentingan diri dan keluarga. Semoga kesaksian Yesus dalam bacaan hari ini menggugah hati kita untuk berdoa bagi siapa saja yang membutuhkan.


DOA

Allah Tritungggal Mahakudus, terimakasih karena melalui sabda-Mu hari ini, Engkau telah mengetuk pintu hati kami untuk juga berdoa bagi sesama. Amin.





Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero

@2017 | Design by CH95 Website Design

VISITOR 

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • Twitter Social Icon