• [Frt. San Mere SVD]

Menjadi Pewarta Yang Setia


JUMAT

Pekan Biasa XX

Pesta St. Bartolomeus, Rasul

Bacaan Pertama : Why. 21:9b-14

Bacaan Injil : Yoh. 1:45-51

Injil Yohanes yang diperdengarkan kepada kita pada hari ini menampilkan tiga tokoh yaitu Filipus, Natanael, dan Yesus. Pertama, Filipus, setelah dia melihat Yesus, dia bertemu dengan Natanael. Pertemuan kedua orang tersebut tidak digambarkan secara jelas, bisa jadi Filipus sudah berniat untuk menemui Natanael, bisa jadi juga pertemuan keduanya merupakan sebuah kebetulan atau yang tidak disengajakan. Ketika bertemu Natanael, Filipus dengan serta merta mewartakan pertemuan dengan Yesus. Meskipun ada semacam keraguan yang ditunjukkan Natanael, Filipus tidak patah semangat, dia justru mengajak Natanael untuk bertemu Yesus secara langsung. Sikap yang ditunjukkan Filipus menggambarkan kepada kita tentang kepeduliannya untuk mewartakan Yesus Kristus kepada orang lain. Orang lain juga patut menerima keselamatan.

Kedua, Natanael, setelah mendengar kesaksian Filipus, Natanael tidak langsung percaya. Justru yang diungkapkannya adalah sebuah pertanyaan: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazareth?” Namun, Natanael tidak menolak ajakan Filipus untuk bertemu Yesus. Setelah bertemu langsung dan mendengar perkataan Yesus barulah keyakinannya semakin utuh. Pertanyaan yang dilontarkan Natanael menunjukkan semacam keraguan atas kesaksian Filipus. Ini merupakan sebuah sikap yang sangat manusiawi. Dari Natanael kita belajar untuk tidak saja berhenti pada keraguan, kita semestinya mengecek kebenaran tentang kesaksian atau informasi yang kita terima.

Ketiga Yesus, Dia menerima Natanael yang datang dan bahkan memberikan apresiasi kepada Natanael. Di sini, kita diajak untuk bersikap terbuka, menerima kehadiran orang lain, khususnya mereka yang membutuhkan bantuan dan tidak lupa memberikan apresiasi bagi sesama kita.


DOA

Allah Tritunggal Mahakudus, bimbinglah kami untuk dapat menjadi pewarta keselamatan pada hari ini. Semoga dengan bantuan doa St. Bartolomeus, kita dimampuhkan untuk menjadi pewarta yang setia. Amin




Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero

@2017 | Design by CH95 Website Design

VISITOR 

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • Twitter Social Icon