20 Misionaris Muda Serikat Sabda Allah (SVD) Menerima Salib Misi


Foto: Ke-20 Misionaris Muda saat menerima Salib Misi


Segenap anggota komunitas Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero mengikuti perayaan Ekaristi Minggu Misi Sedunia ke-95 dan penyerahan Salib Misi bagi 20 misionaris muda SVD bertempat di Kapela Agung Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero pada Minggu (24/10) Pkl. 06.45 WITA.


Di bawah tema Minggu Misi ke-95 Sedunia tahun 2021, “Kami tidak mungkin tidak berkata-kata tentang apa yang telah kami lihat dan kami dengar” (Kis. 4:20), perayaan Ekaristi ini dipimpin oleh Wakil Provinsial SVD Ende, P. Patris Pa, SVD, didampingi oleh Sekretaris Misi Provinsi SVD Ende, P. Yanus Lobo, SVD.


Dalam khotbahnya, Pater Patris menegaskan bahwa pengalaman perjumpaan pribadi dengan Allah mendesak kita untuk mewartakan Kabar Gembira Allah dan mewujudkan belas kasih-Nya melalui kesaksian misioner kita. “Menjadi Murid Misioner sejati berarti tinggal bersama Kristus, berjalan mengikuti Kristus dan siap diutus oleh Kristus untuk mewartakan Injil-Nya. Pengalaman akan kasih Kristus menguasai dan mendesak kita-para murid-untuk siap diutus mewartakan Injil.”


Para misionaris yang menerima Salib Misi, lanjut Pater Patris, mengarahkan kita untuk selalu memandang Wajah Kristus yang tersalib. “Salib Misi itu menuntut kita untuk tetap teguh dalam iman dan panggilan kita, tetap berkanjang dalam tantangan pelayanan misioner; setia, sabar, tabah, dan selalu gembira memanggul salib yang dikenakan pada diri kita, para murid misioner.”


Sebagai misionaris baru, tegas Pater Patris, kita bisa saja masih buta dalam banyak hal tatkala melaksanakan karya pastoral-misioner kita. “Kita perlu bersikap seperti Bartimeus dalam Injil hari ini yang hatinya selalu rindu untuk bertemu secara pribadi dengan Yesus dan mau tinggal dalam kasih Kristus, dalam keheningan kontemplatif-misioner. Dengan itu, kita menyadari bahwa kita akan mengalami sukacita yang berlimpah berbarengan dengan aneka tantangan salib yang ringan-berat, tatkala kita mulai terlibat penuh dalam pelayanan misioner kita.”


Foto: Ke-20 Misonaris Muda yang telah menerima Salib Misi


Akhirnya, kita terus berdoa bersama Bartimeus: “Tuhan, semoga aku dapat melihat – melihat Wajah-Mu dalam sesama yang menderita dan tak beruntung (para penderita HIV/AIDS, para migrant-perantau, para disabilitas, ODGJ dan penderita Covid-19) dan wajah alam yang tercemar, di Jalan Belas Kasih misi kami. Amin.”


Sebelum berkat penutup perayaan Ekaristi, Sekretaris Misi Provinsi SVD Ende, P. Yanus Lobo, SVD mengucapkan terima kasih kepada P. Patris Pa, SVD yang memimpin perayaan Ekaristi Minggu Misi Sedunia ke-95 dan penyerahan Salib Misi bagi 20 misionaris muda SVD dan mengucapkan proficiat dan selamat bermisi bagi 20 misionaris muda yang menerima Salib Misi.* (Kris Ibu, SVD)


72 views0 comments