Berproses dalam Rasa Memiliki.


Para frater tingkat I saat berpose bersama pendamping dan Pemateri, P. Petrus Dori, SVD


Para frater tingkat 1 Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero mengadakan Group Process di pantai Waturia, Sikka pada tanggal 24 - 26 September 2021.



Kegiatan ini mengusung tema, "Berproses dalam Rasa Memiliki SVD". P. Petrus Dori, SVD selaku pendamping dan pemateri menghantar para frater tingkat I untuk mengidentifikasi diri, budayanya dan budaya konfrater lain. Melalui cara demikian para frater tingkat I diharapkan mampu menciptakan harmoni dalam SVD.



Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan budaya rasa memiliki dalam serikat. Budaya menjadi penekanan penting, sebab anggota SVD berasal dari pelbagai latar belakang budaya yang berbeda-beda. “SVD adalah kumpulan konfrater-konfrater, menurut konstitusi, dengan latar belakang budaya dan kebangsaan yang berbeda-beda”, demikian kata Pater Pice.


Malam api unggun saat para frater tingkat I menampilkam kebudayaannya


Pada malam api unggun, para frater tingkat I diberi kesempatan untuk mengisi acara dengan menampilkan budaya masing-masing. Terdapat 10 kelompok budaya, yakni Ngada, Tetun, Kei - Ambon, Ende, Dawan, Papua, Manggarai, Nagekeo, Lamaholot, dan SIkka.



“Saya sangat senang mengikuti kegiatan Group Process ini karena berlangsung di pantai dan dibawakan oleh pemateri, Pater Pice, dengan sistematis dan menarik. Di sini saya dapat mengenal lebih dalam identitas konfrater lain, baik itu kepribadian dan budayanya", ujar Bruno Kefi, seorang frater tingkat I asal Kefamenanu.



Dalam kegiatan ini, para frater tingkat I juga didampingi oleh para sub-prefek dari unit Mikhael dan Gabriel, serta kelima konfrater tingkat 5 yakni Fr. Onno, Fr. Frid, Fr. Sefri, Fr. Seles, dan Fr. Eko.*


Penulis: Fr. Arisma Koban - Unit Mikhael

167 views0 comments