top of page

Bangun Kandang Ayam, Para Frater Unit Gabriel Tingkatkan Kemandirian Unit

Ledalero - Dalam suasana persaudaraan, para Frater Unit Gabriel membuat kandang ayam pada Rabu (10/04/2024). Dengan semangat gotong royong, mereka berkomitmen untuk meningkatkan kemandirian Unit Gabriel.


Para Frater Unit Gabriel Sedang Mengecor Campuran Pasir dan Semen ke Sela-sela Batu Bata, Rabu (10/04/2024).

“Menanggapi panggilan untuk meningkatkan kemandirian, para Frater Unit Gabriel memilih untuk bergerak maju dengan langkah konkret. Dalam usaha untuk memperluas sumber daya dan pendapatan Unit Gabriel, kami memutuskan untuk membangun kandang ayam sendiri dengan sumber daya seadanya,” tutur Fr. Gonsi Kusman, SVD., Bendahara Unit Gabriel.



Proyek yang dilakukan ini, lanjut Frater Gonsi, tidak hanya tentang pembuatan kandang ayam, tetapi juga tentang membangun fondasi yang kokoh untuk keberlanjutan dan pertumbuhan komunitas yang lebih maju dan produktif.


Frater Gonsi, SVD (Kiri) dan Frater Dedi, SVD (Kanan) Sedang Mengecor Campuran Pasir dan Semen ke Sela-sela Batu Bata, Rabu (10/04/2024).

“Dengan memiliki kandang ayam, kami sedianya akan dapat memenuhi kebutuhan akan produk-produk peternakan dan konsumsi secara mandiri, sambil juga menciptakan peluang pendapatan tambahan melalui penjualan produk-produk tersebut,” ujar Frater Gonsi, mahasiswa Semester II Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero.



Di bawah pimpinan Pater Andreas Tefa Sau, SVD., Prefek Unit Gabriel sekaligus “Kepala Tukang” dalam proyek itu, para Frater Unit Gabriel bekerja dengan semangat tinggi dan antusiasme yang luar biasa. Mulai dari pagi hingga siang hari, para Frater Unit Gabriel saling mendukung satu sama lain selama proses pembangunan dengan menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan, baik material pembangunan maupun makan-minum untuk semua anggota Unit Gabriel.


Pater Andreas Tefa Sau, SVD Sedang Meninjau Proses Pembangunan Kandang Ayam di Unit Gabriel, Rabu (10/04/2024).

“Langkah ini mencerminkan komitmen para Frater Unit Gabriel untuk berkolaborasi dalam mengupayakan kemandirian Unit. Sebab, dengan memperkuat kemandirian Unit, mereka dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap kesejahteraan dan kemajuan komunitas Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero,” kata Pater Andreas Tefa Sau, SVD., dosen Etnologi IFTK Ledalero.



Selain itu, menurut Fr. Rizal Wedhu, SVD., Ketua Seksi PU Unit Gabriel, proyek pembuatan kandang ayam ini bukan hanya tentang membangun struktur fisik, melainkan juga tentang membangun kekuatan sosial dan spiritual dalam komunitas Unit Gabriel.


Para Frater Unit Gabriel Sedang Bergotong Royong dalam Membangun Kandang Ayam Unit Gabriel, Rabu (10/04/2024).

“Dengan semangat optimisme dan kebersamaan yang kuat, para Frater Unit Gabriel siap untuk menghadapi tantangan masa depan dengan keyakinan dan tekad yang diperbarui. Di samping itu, lewat proyek pembuatan kandang ayam ini, para Frater Unit Gabriel dilatih untuk mampu berpikir visioner dan inovatif dalam mewujudkan kemandirian komunitas saat mereka akan menjalankan misi di medan pastoral nantinya,” pungkas Fr. Rizal Wedhu, SVD., mahasiswa Semester II IFTK Ledalero.


Penulis: Eyo Galus, SVD

Editor: Ricky Mantero, SVD

 

58 views0 comments

Comentários


bottom of page