top of page

Buang Sampah di TPA Nangarasong: Upaya Menjadi Terang di Tengah Dunia yang Terluka

Para Frater Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Sedang Membuang Sampah di TPA Nangarasong, Sabtu (23/03/2024).

Ledalero - Pada Sabtu (23/03/2024), sekitar 7 (tujuh) Frater Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero, perwakilan dari beberapa unit formasi, turut ambil bagian dalam proses pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Nangarasong. Pembuangan sampah ini dipimpin langsung oleh Fr. Anselmus Ngenta, SVD., Ketua Seksi Pengolahan Sampah Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero.



Pembuangan sampah ini menjadi salah satu program bulanan yang dirancang oleh Seksi Pengolahan Sampah Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero. Menurut Fr. Ansel Ngenta, SVD., pembuangan sampah ini selalu dibuat agar lingkungan seminari tetap terawat dan terjaga sekaligus menghindari penumpukan sampah di masing-masing unit formasi.


Fr. Sandri Anjelinus, SVD., Frater dari Unit Agustinus Ledalero, Sedang Pose Bersama dengan Salah Satu Anak yang Sedang Mengais Rezeki di TPA Nangarasong, Sabtu (23/03/2024).

“Kegiatan ini sangat bagus. Ini merupakan pengalaman pertama saya ikut dalam kegiatan pembuangan sampah di TPA Nangarasong ini. Saya bisa belajar banyak hal, terutama ketika berjumpa dengan mereka yang berusaha hidup dari tengah tumpukan sampah. Kalau kita menghindari lalat, mereka justru bergaul dengan lalat untuk bisa hidup,” kata Fr. Sandri Anjelinus, SVD., salah satu Frater yang turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.



Sementara itu, Fr. Maikel Asiki, SVD yang juga terlibat dalam kegiatan itu merasa sangat senang karena ada pengalaman baru yang ia peroleh. Fr. Maikel Asiki, SVD sangat mengapresiasi kegiatan yang dirancang oleh Seksi Pengolahan Sampah Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero. Sebab, menurut Fr. Maikel Asiki, SVD., kegiatan tersebut adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang makin hari makin rusak karena sampah yang tidak terurus dengan baik.


Fr. Sandri Anjelinus, SVD., Frater dari Unit Agustinus Ledalero, Sedang Pose Bersama dengan Beberapa Warga Nangarasong yang Sedang Mengais Rezeki di TPA Nangarasong, Sabtu (23/03/2024).

“Saya berharap agar kegiatan ini terus dilanjutkan oleh Seksi Pengolahan Sampah Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero pada khususnya dan SVD pada umumnya. Sebab, kegiatan pembuangan sampah hari ini merupakan salah satu aksi nyata dari tema kapitel yang diangkat oleh SVD, yakni ‘Menjadi Terang di Tengah Dunia yang Terluka’,” pungkas Fr. Maikel Asiki, SVD., Frater Tingkat II Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero sekaligus mahasiswa Semester IV Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero.




Penulis: Elgis Epa, SVD

Editor: Ricky Mantero, SVD

59 views0 comments

Kommentare


bottom of page