top of page

Menanam Kasih di Bawah Kaki Gunung Egon (Live In Frater SVD Tingkat III di Paroki Reinha Rosari Halehebing)

Ledalero – Pada Rabu (03/04/2024), 63 Frater tingkat III Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero melakukan perjalanan misi dari Ledalero ke Halehebing untuk melaksanakan kegiatan Live In. Kegiatan Live In itu berlangsung dari tanggal 03 - 07 April 2024.


Para Frater Tingkat III dari Seminari Tinggi Ledalero Melakukan Kegiatan Animasi Misi sekaligus Animasi Panggilan di SDI Hebing, Desa Hebing, Kecamatan Mapitara, Kabupaten Sikka, Kamis (04/04/2024).

Dalam perjalanan ke Halehebing, para Frater tingkat III menikmati pemandangan yang indah dalam bentuk bukit-bukit nan hijau dan pemandangan Laut Selatan di Pantai Bola dan Doreng. Namun bukan hanya keindahan pemandangan alam yang “dinikmati”, melainkan juga situasi jalan yang ekstrim, sehingga mereka harus "senam jantung" karena cemas, takut, dan deg-degan.



Fr. Niko Obe, SVD mengatakan, misionaris harus menghadapi semua tantangan dan ketegangan di medan misi, termasuk jalan yang ekstrim.

Meskipun banyak dinamika yang terjadi dalam perjalanan, mereka tetap menikmati perjalanan. Sekitar Pukul 13:00 WITA, mereka tiba di Paroki Reinha Rosario Halehebing. Mereka disambut dengan hangat oleh Pastor Rekan Paroki Reinha Rosario Halehebing, Pater Hendrik, MSsCc dan Dewan Paroki, serta umat.


Para Frater Tingkat III dari Seminari Tinggi Ledalero Disambut dengan Hangat oleh Pastor Rekan Paroki Reinha Rosario Halehebing, Pater Hendrik, MSsCc dan Dewan Paroki, serta Umat.

Dalam sambutan, Pater Hendrik, MSsCc mengucapkan selamat datang, selamat pesta Paskah, dan selamat melakukan Live In di Paroki Reinha Rosari Halehebing untuk para Frater SVD tingkat III.



"Selamat datang di Paroki Halehebing. Inilah Paroki Halehebing. Perjalanan ke sini cukup melelahkan karena jalan yang cukup ekstrim. Kami juga ucapkan selamat menjalankan Live In untuk adik-adik Frater dan belajarlah nilai kehidupan dari umat di sini," kata Pater Hendrik.


Pater John Mai, SVD., moderator para Frater SVD tingkat III, menyampaikan terima kasih untuk penyambutan yang luar biasa dari Pastor dan umat Paroki Halehebing.


Para Frater Tingkat III dari Seminari Tinggi Ledalero Melakukan Kegiatan Animasi Misi sekaligus Animasi Panggilan di SDN Galit, Desa Hebing, Kecamatan Mapitara, Kabupaten Sikka, Kamis (04/04/2024).

"Kegiatan Live In ini dilaksanakan agar para Frater melihat secara langsung kehidupan umat dan turut merasakannya. Di samping itu, kegiatan Live In ini juga merupakan bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)," jelas Pater John Mai.



Selepas menikmati snack yang sudah disiapkan oleh para pelayan di Paroki Halehebing, para Frater dibagikan ke Komunitas Basis Gerejawi (KBG). Ada juga yang mendapat perutusan ke Stasi Natakoli dan Galit.

Selama ada di tengah umat, ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh para Frater, antara lain katekese bersama umat, kerja bakti, olahraga, dan kunjungan ke sekolah-sekolah.


Fr. Sean Leon, SVD Sedang Berdialog dengan Salah Satu Anak Sekolah Dasar (SD) di SDN Galit, Desa Hebing, Kecamatan Mapitara, Kabupaten Sikka, Kamis (04/04/2024).

Bapak Wilbrodus, S.Ag., Kepala Sekolah SDN Galit mengucapkan terima kasih kepada para Frater yang sudah melakukan kegiatan animasi misi dan animasi panggilan di SDN Galit.



“Terima kasih para Frater yang sudah melakukan kegiatan animasi misi dan animasi panggilan di sini. Kedatangan para Frater telah memberi motivasi dan semangat bagi adik-adik di sini, sehingga mereka bisa tetap semangat dalam belajar. Semoga ada dari antara mereka yang termotivasi untuk menjadi Biarawan/Biarawati dan Pastor,” ungkap Bapak Wili.


Fr. Micky Moruk, SVD., Fr. Sean Leon, SVD., Fr. Seles, SVD., dan Fr. Manfred, SVD Pose Bersama dengan Anak-anak SD di SDN Galit, Desa Hebing, Kecamatan Mapitara, Kabupaten Sikka.

Ketika melakukan kegiatan animasi misi dan animasi panggilan ke SDI Hebing, Fr. Rello Taus, SVD dan teman-temannya mengungkapkan, adik-adik SDI Hebing sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan animasi.



Ibu Asty, salah seorang guru di SDI Hebing, mengungkapkan, kegiatan animasi misi dan animasi panggilan yang dibawakan oleh para Frater sangat memotivasi anak-anak dan semoga mereka mempunyai semangat untuk menjadi Imam, Suster, dan Bruder.


Fr. Micky Moruk, SVD dan Fr. Seles, SVD Melakukan Kegiatan Katekese Bersama Umat di KBG Bintang Kejora Lingkungan St. Stefanus Galit.

Selain kunjungan ke sekolah-sekolah, dalam katekese, para Frater membawakan tema “Pendidikan Anak Adalah Tanggung Jawab Orangtua”.

Dalam katekese dan sharingnya, Fr. Sean Leon, SVD menekankan pendidikan sebagai sesuatu hal yang sangat penting.



“Dengan pendidikan, kita dapat mengetauhi mana yang benar dan mana yang salah. Pendidikan memampukan kita untuk menjadi pribadi yang bijaksana dan tahu ke arah mana kita berlangkah. Oleh karena itu, orangtua, Bapak, dan Mama mempunyai tanggung jawab dalam membiayai pendidikan anak dan mendukung mereka. Kemudian sebagai anak, kita harus mempunyai tanggung jawab untuk membalas segala kebaikan orangtua dengan keberhasilan pendidikan kita,” tutur Frater Sean.


Para Frater Tingkat III dari Seminari Tinggi Ledalero Melakukan Kegiatan Kerja Bakti Bersama Umat KBG Bintang Kejora, Jumat (05/07/2024).

Selain katekese, ada kegiatan kerja bakti bersama. Sesuai jadwal yang sudah dirancang, pada Jumat (05/07/2024), para Frater melaksanakan kegiatan kerja bakti bersama umat. Kegiatan kerja bakti itu dilakukan di KBG masing-masing.



Fr. Urbanus Herin, SVD., Ketua Angkatan Frater SVD tingkat III, mengucapkan proficiat kepada teman-teman angkatan yang sudah menjalankan Live In di Paroki Reinha Rosari Halehebing.


Para Frater Tingkat III dari Seminari Tinggi Ledalero Melakukan Kegiatan Animasi Misi sekaligus Animasi Panggilan di SDN Hebing, Desa Hebing, Kecamatan Mapitara, Kabupaten Sikka, Kamis (04/04/2024).

“Semoga pengalaman Live In di Halehebing memberikan semangat baru untuk perjalanan selanjutnya. Semoga kasih yang ditanam di hati umat Halehebing tumbuh dan mekar. Semoga kita juga, sebagai anak dan Frater, ingat pesan orangtua angkat dan umat yang telah dijumpai,” pungkas Fr. Urbanus Herin, SVD.


Penulis: Micky Moruk, SVD

Editor: Ricky Mantero, SVD

28 views0 comments

Comments


bottom of page